Senin, 11 Juni 2012

Jenis Media Massa


Ada beberapa jenis media massa, yaitu media massa cetak, media massa elektronik, dan media massa online (cybermedia).
Termasuk dalam jenis media elektronik adalah radio, televisi, dan film. Sedangkan media cetak –berdasarkan formatnya— adalah koran/suratkabar, tabloid, newsletter, majalah, buletin, dan buku. Media online adalah website internet yang berisikan informasi aktual layaknya media massa cetak.

Nilai Berita
Ada beberapa hal yang mempengaruhi sebuah kejadian layak diberitakan atau memiliki nilai berita. Diantaranya adalah;
1.     Kedekatan. (fisik maupun emosional). Orang cenderung tertarik bila membaca berita yang peristiwa atau kejadiannya dekat dengan wilayahnya dan juga perasaan emosional berdasarkan ikatan tertentu.
2.     Ketenaran. Orang terkenal memang sering menjadi berita.
3.     Aktual. Berita, terutama straight news, haruslah berupa laporan kejadian yang baru-baru ini terjadi atau peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa depan.
4.     Dampak. Sebuah kejadian yang memiliki dampak pada masyarakat luas memiliki nilai berita
5.     Menonjol. Prestasi besar, kerusakan besar, kemenangan besar, dsb.
6.     Konflik. Berita tentang adanya bentrokan, baik secara fisik maupun nonfisik. Misalnya bentrokan antar manusia, manusia dengan binatang, antar kelompok, bangsa, etnik, agama, kepercayaan, perang dsb. Khusus kategori ini, ada tugas khusus media massa untuk mengurangi dampak.
7.     Keanehan. Sesuatu yang tidak lazim mengundang perhatian orang di sekitarnya. Orang yang berdandan esktrentrik, bergaya hidup tidak seperti umumnya, memiliki ukuran fisik yang beda dsb.

Sedangkan berita itu sendiri harus memenuhi beberapa unsur. Diantara yang harus terpenuhi dalam pemberitaan adalah A, B, C, D, E (acurate, balance, clear, development, education).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar