KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
B. KOMPETENSI DASAR :
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
• Pokok-pokok isi berita
• penangapan isi berita
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No Indikator Pencapaian Kompetensi Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1 Menuliskan isi siaran radio/ televisi da¬lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. • Bersahabat/ komunikatif
• Tanggung jawab • Kepemimpinan
2 Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
3 Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
E. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
• Menuliskan
isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da¬lam beberapa
kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
• Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
• Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
• Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
F. METODE PEMBELAJARAN :
? Penugasan
? Diskusi
? Tanya Jawab
? Unjuk kerja
? Ceramah
? Demonstrasi
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka Terstruktur Mandiri
• Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
• Menuliskan
isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da¬lam beberapa
kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
• Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
• Mencari Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
• Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis. • Siswa berlatih mendiskripsikan Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
• Siswa Menuliskan isi berita .
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No. Kegiatan Belajar Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1. Kegiatan Awal :
? Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
? Membentuk kelompok diskusi Bersahabat/ komunikatif
2. Kegiatan Inti :
? Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
? Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh)
? Menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian
? Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
? Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat
? Mendiskusikan isi berita
? Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
? Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
? Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. Tanggung jawab
3. Kegiatan Akhir :
? Refleksi
? Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini. Bersahabat/ komunikatif
I. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• Radio/ tape
• Televisi
• CD salinan berita atau kaset rekaman
K. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
? Tugas individu
? Ulangan
Bentuk Instrumen:
? Uraian bebas
? Pilihan ganda
? Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar